Senin, 07 Januari 2013

Bab 6 Pola Manajemen Koperasi


Nama              : Dendy Bahaja M
Kelas              : 2EB22
NPM               : 21211833

Bab 6
Pola Manajemen Koperasi

         Pengertian Manajemen dan Perangkat  Organisasi
         Rapat Anggota
         Pengurus
         Pengawas
         Manajer
         Pendekatan Sistem pada Koperasi

v  Pengertian Manajemen dan Perangkat Organisasi
Definisi Paul Hubert Casselman dalam bukunya berjudul “ The Cooperative Movement and some of its Problems” yang mengatakan bahwa : “Cooperation is an economic system with social content”.
Artinya koperasi harus bekerja menurut prinsip-prinsip ekonomi dengan melandaskan pada azas-azas koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial di dalamnya.

v  Rapat Anggota
- Koperasi merupakan Asosiasi yang melakukan usaha bersama atas dasar prinsip prinsip koperasi, atau badan hukum koperasi.
- Koperasi dimiliki oleh setiap anggota, dijalankan oleh anggota dan bekerja untuk kesejahteraan serta ketentraman bagi anggota dan masyarakatnya.
- Rapat anggota adalah tempat di mana suara-suara anggota dapat berkumpul, biasanya untuk mencari solusi dan hanya diadakan pada waktu-waktu tertentu.
- Setiap anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Seorang anggota mempunyai hak untuk menghadiri rapat anggota dan memberikan aspirasinya dalam rapat anggota serta mengemukakan pendapat dan saran kepada pengurus baik di luar rapat maupun di dalam rapat anggota. Anggota juga harus ikut serta dalam mengadakan sistem pengawasan atas jalannya organisasi dan usaha koperasi.

v  Pengurus Koperasi
- Pengurus koperasi adalah orang-orang yang bekerja di barisan depan, mereka adalah otak dari bergeraknya koperasi dan merupakan salah satu faktor yang paling menentukan berhasil tidaknya suatu koperasi.
- Tugas dan kewajiban pengurus koperasi adalah memimpin organisasi dan usaha koperasi agar bejalan dengan lancar serta mewakilinya di muka dan di luar pengadilan sesuai dengan keputusan-keputusan rapat anggota.

v  Pengawas
- Tugas pengawas adalah melakukan pemeriksaan terhadap tata kehidupan koperasi, termasuk pada organisasi, usaha-usaha dan pelaksanaan terhadap kebijaksanaan pengurus, serta membuat laporan tertulis berdasarkan pemeriksaan.

v  Manajer
- Peranan manajer adalah membuat rencana ke depan agar sesuai dengan ruang lingkup dan wewenangnya; mengelola sumberdaya secara efektif dan efisien, memberikan perintah, bertindak sebagai seorang pemimpin dan mampu melaksanakan kerjasama terhadap orang lain dengan benar untuk mencapai tujuan organisasi (to get things done by working with and through people).

v  Pendekatan Sistem pada Koperasi
• Menurut Draheim koperasi mempunyai sifat ganda yaitu:
   - organisasi dari orang-orang dengan unsur eksternal ekonomi dan sifat-sifat sosial (pendekatan sosiologi).
  - perusahaan biasa yang harus dikelola sebagai layaknya perusahaan biasa dalam ekonomi pasar (pendekatan neo klasik).

SUMBER :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar