Selasa, 08 Januari 2013

Bab 9 Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Anggota


Nama               : Dendy Bahaja M
Kelas               : 2EB22
NPM               : 21211833
Bab 9
Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Anggota

1. EFEK-EFEK EKONOMIS KOPERASI

Salah satu hubungan penting koperasi adalah pada setiap anggotanya, yang sekaligus menjadi sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi.
Motivasi ekonomi anggota yang menjadi sebagai pemilik dan anggota akan mempersoalkan dana (simpanan) yang akan diserahkannya, apakah bisa menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota yang menjadi sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan terhadap  barang dan jasa, untuk yang tidaknya tergantung pada pelayanan koperasi tersebut.
Setiap anggota akan ikut berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan pelayanan suatu perusahaan koperasi:
1. Jika kegiatan tersebut sesuai kebutuhannya
2. Jika pelayanan ditawarkan dengan menggunakan harga, mutu dan syarat-syarat yang berkemungkinan akan lebih menguntungkan dibanding dari pihak-pihak luar perusahaan

2. EFEK HARGA DAN EFEK BIAYA

Partisipasi anggota sangat menentukan keberhasilan pada koperasi, sedangkan tingkat yang menjadi partisipasi anggota telah dipengaruhi oleh besarnya nilai manfaat pelayanan suatu koperasi secara utilitarian dan normative. Motivasi utilitarian akan sejalan dengan kemanfaatan ekonomis, yang maksudnya adalah intensif berupa pelayanan pada barang-jasa yang dapat dilakukan koperasi secara lebih efisien, atau adanya pengurangan dengan biaya atau diperolehya harga yang menguntungkan serta penerimaan bagian SHU secara tunai maupun bentuk barang. Jika dilihat dari peranan anggota, maka setiap harga yang ditetapkan oleh koperasi harus bisa dibedakan antara harga untuk anggota maupun harga non anggota, Perbedaan seperti ini megharuskan suatu daya analisis yang lebih tajam dalam melihat koperasi pada pasar yang bersaing.

3. ANALISIS HUB. EFEK EKONOMIS DENGAN KEBERHASILAN KOPERASI

Koperasi yang bisa juga di artikan sebagai badan usaha ekonomi yang bertujuan untuk menigkatkan pada kesejahteraan hidup para anggotanya. Ditinjau dari konsep dan system koperasi, fungsi laba tergantung pada besarnya partisipasi maupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota semakin tinggi pula akan manfaat yang telah diterima oleh setiap anggotanya.
Keberhasilan koperasi ditentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota, yang terjadi pada partisipasi anggota sangat erat hubungannya dengan efek ekonomis koperasi yaitu sebagai manfaat yang diperoleh oleh anggota koperasi.

4. PENYAJIAN DAN ANALISIS NERACA PELAYANAN

Bila suatu koperasi bisa lebih memenuhi pelayan yang sesuai terhadap kebutuhan anggotanya dibandingkan dengan pesaingnya, maka keikutsertaan anggota terhadap koperasi akan meningkat. Untuk lebih meningkatkan pada pelayanannya kepada anggota koperasi membutuhkan suatu informasi yang dating dari anggotanya sendiri.
Ada 2 faktor koperasi harus meningkatkan pelayanan kepada anggota koperasinya :
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan akan

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar