Nama : Dendy Bahaja M
Kelas : 2EB22
NPM : 21211833
Bab 9
Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Anggota
1. EFEK-EFEK EKONOMIS KOPERASI
Salah satu hubungan penting koperasi
adalah pada setiap anggotanya, yang sekaligus menjadi sebagai pemilik dan
pengguna jasa koperasi.
Motivasi ekonomi anggota yang menjadi
sebagai pemilik dan anggota akan mempersoalkan dana (simpanan) yang akan diserahkannya,
apakah bisa menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota yang menjadi sebagai
pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan terhadap barang dan jasa, untuk yang tidaknya
tergantung pada pelayanan koperasi tersebut.
Setiap anggota akan ikut berpartisipasi
dalam melaksanakan kegiatan pelayanan suatu perusahaan koperasi:
1. Jika kegiatan tersebut sesuai
kebutuhannya
2. Jika pelayanan ditawarkan dengan
menggunakan harga, mutu dan syarat-syarat yang berkemungkinan akan lebih
menguntungkan dibanding dari pihak-pihak luar perusahaan
2. EFEK HARGA DAN EFEK BIAYA
Partisipasi anggota sangat menentukan
keberhasilan pada koperasi, sedangkan tingkat yang menjadi partisipasi anggota
telah dipengaruhi oleh besarnya nilai manfaat pelayanan suatu koperasi secara
utilitarian dan normative. Motivasi utilitarian akan sejalan dengan kemanfaatan
ekonomis, yang maksudnya adalah intensif berupa pelayanan pada barang-jasa yang
dapat dilakukan koperasi secara lebih efisien, atau adanya pengurangan dengan
biaya atau diperolehya harga yang menguntungkan serta penerimaan bagian SHU
secara tunai maupun bentuk barang. Jika dilihat dari peranan anggota, maka setiap
harga yang ditetapkan oleh koperasi harus bisa dibedakan antara harga untuk anggota
maupun harga non anggota, Perbedaan seperti ini megharuskan suatu daya analisis
yang lebih tajam dalam melihat koperasi pada pasar yang bersaing.
3. ANALISIS HUB. EFEK EKONOMIS DENGAN
KEBERHASILAN KOPERASI
Koperasi yang bisa juga di artikan
sebagai badan usaha ekonomi yang bertujuan untuk menigkatkan pada kesejahteraan
hidup para anggotanya. Ditinjau dari konsep dan system koperasi, fungsi laba
tergantung pada besarnya partisipasi maupun transaksi anggota dengan
koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota semakin tinggi pula akan
manfaat yang telah diterima oleh setiap anggotanya.
Keberhasilan koperasi ditentukan oleh
salah satu faktornya adalah partisipasi anggota, yang terjadi pada partisipasi
anggota sangat erat hubungannya dengan efek ekonomis koperasi yaitu sebagai
manfaat yang diperoleh oleh anggota koperasi.
4. PENYAJIAN DAN ANALISIS NERACA
PELAYANAN
Bila suatu koperasi bisa lebih
memenuhi pelayan yang sesuai terhadap kebutuhan anggotanya dibandingkan dengan
pesaingnya, maka keikutsertaan anggota terhadap koperasi akan meningkat. Untuk
lebih meningkatkan pada pelayanannya kepada anggota koperasi membutuhkan suatu
informasi yang dating dari anggotanya sendiri.
Ada 2 faktor koperasi harus
meningkatkan pelayanan kepada anggota koperasinya :
1. Adanya tekanan persaingan dari
organisasi lain
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai
akibat dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan akan
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar