Minggu 6
1.
Jelaskan perbedaan pasar dan pemasaran !!
Pasar
adalah tempat penjual melakukan kegiatan penawaran dan pembeli melakukan
kegiatan permintaan barang atau jasa. Sedangkan, pemasaran adalah kegiatan
untuk menjalankan bisnis guna memenuni kebutuhan pasar dengan barang atau jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2.
Berikan contoh masing-masing untuk:
a.
Jenis pasar industri:
contoh industri roti, industri makanan ringan, industri pakain, dll.
b.Pasar
penjual: contoh pasar online, pasar
saham, dan pasar valuta asing.
3.
Apa yang dimaksud konsep inti pemasaran?
Konsep inti pemasaran adalah konsep yang berhubungan dengan
kebutuhan manusia, keinginan, permintaan barang atau jasa, produk, nilai
pelangan, mutu, pertukaran, transaksi, pemasar dan calon pembeli.
4.
Sebutkan dan jelaskan 4 variabel bauran promosi!
a)
Produk
(product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar
untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen.
b)
Harga
(price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen
untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari
produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan
kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat
bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya.
Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan
promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c)
Tempat
(place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk
tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar
konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d)
Promosi
(promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran
tentang produk yang mereka hasilkan.
5.
Sebutkan beberapa alternatif sistem pemasaran!
a.
Memaksimumkan
konsumsi
b.
Memaksimumkan
kepuasan konsumen
c.
Memaksimumkan
mutu hidup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar