Minggu, 18 Desember 2011

TUGAS SOFTSKILLS MINGGU 2



Minggu 2
1.     Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memeperhatikan faktor produksi !!
Faktor-Faktor Produksi
1)      Manusia (men)
Orang-orang tertentu sebagian tenaga kerja (men power) yang memiliki kemampuan kerja, manajemen, dan menguasai teknologi tertentu untuk menjadi perencana, pengendali, dan pelaksana proses produksi. Sebelum menjadi tenega kerja harus di seleksi terlebih dahulu. Diperlukan pemilihan, pembinaan, dan pengembangan sumber daya manusia.
2)      Uang (money)
Sebelum membangun usaha harus memiliki sejumlah uang untuk membiayai usaha dan untuk kelancaran pendanaan produksi. Uang tersebut bisa didapatkan dari kreditor dengan cara meminjam uang di bank.
3)      Material (materilas)
Yaitu bahan-bahan yang digunakan untuk diolah menjadi menjadi barang yang ingin diproduksi lalu diperjual belikan.
4)      Metode (methods)
Metode adalah tata cara yang berkaitan dengan prosedur, dan teknologi produksi. Dalam hal memproduksi tentu saja kita dihadapkan pada pilihan untuk menggunakan metode mana
2.     Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh rill perusahaan berdasarkan letak/tempat !!
Berdasarkan tempat perusahaan : 
a)      PT Pertamina,  perusahaan pengeboran minyak bumi. lokasi : Jalan medan Merdeka Timur 1A Jakarta.
b)      PT Perkebunan Nusantara (PTTN) perusahaan di bidang perkebunan. lokasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.
c)      PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) Perusahaan di bidang jasa angkutan darat. lokasi : Bandung.
d)     PT PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) perusahaan jasa angkutan darat. lokasi : Jakarta Pusat.
e)      PT Semen Gresik perusahaan semen. Lokasi : Gresik.
Berdasarkan letak perusahaan
a)      Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Lokasi ini sudah di tetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. contoh : PT Daelim Indonesia ( kawasan industri cikarang ) dan PT Bintan Inti Industrial Estate ( kawasan industri pulau gadung ).
b)      Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis.
Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
contoh : PT Tonga Tiur Putra ( perusahaan udang di cirebon ) dan PT Santha Buana Bali ( perusahaan batik di Denpasar ).
c)      Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam. Lokasi perusahaan yang tidak bisa di pilih-pilih karena sudah dipilih oleh alam. contoh : PT Badak Liquid Natural Gas dan PT Pupuk Kaltim ( Tambang emas di Bontang Kaltim ). Lokasi perusahaan yang mengikuti fakto-faktor ekonomi. Lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersediaan tenaga kerja, kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain. contoh : PT Gudang Garam
3.     Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan !!
a)        Berdasarkan tujuan ekonomisnya
Sesuai dengan tujuan ekonomisnya perusahaan adalah pihak yang memanfaatkan berbagai sumber ekonomi untuk menghasilkan barang /jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kegiatanya berfungsi untuk mendekatkan dan melancarkan arus barang dan jasa, baik secara regional maupun nasional.
b)        Berdasarkan tanggung jawab sosialnya
Sesusai dengan tanggung jawab sosialnya perusahaan berdiri sebagai penunjang kehidupan masyarakat melalui kegiatan:
1)      Memberikan peluang untuk memanfaatkan sumberdaya manusia setempat (peluang kerja)
2)      Kepedulian sosial kepada masyarakat dan lingkungannya (dimuali dari yang terdekat sampai yang terjauh)
3)      Membuka kesempatan kepada masyarakat untuk ikut serta memiliki perusahaan melalui kepemilikikan saham
4)      Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan
4.       Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan !!
Ø  Yang dimaksud lingkungan internal perusahaanadalah berbagai hal atau pihak yang terkait langsung dengan kegiatan sehari hari organisasi, dan mempengaruhi langsung terhadap setiap program, kebijakan, hingga “denyut nadi” nya organisasi. Sedangkan (Lawrence dan William, 1998) mendefinisikan lingkungan internal perusahaan sebagai suatu proses dengan mana perencana strategi mengkaji pemasaran, dan distribusi perusahaan, penelitian dan pengembangan, produksi dan operasi, sumber daya dan karyawan perusahaan, serta faktor keuangan dan akuntansi untuk menentukan dimana perusahaan mempunyai kekuatan dan kelemahan yang penting sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang dengan cara yang paling efektif dan dapat menangani ancaman di dalam lingkungan.
Ø  Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang, yang mana memerlukan pengendalian jangka panjang dari manajemen puncak organisasi.
5.       Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu perusahan !!
Pengaruh lingkungan perusahaan terhadap perusahaan :
Ekologi         : pencemaran udara,air,sampah
Ekonomi       : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak,dll
Sosial            : kriminalitas,pengangguran
Politik           : pertahanan keamanan
Hukum         : keputusan dan transaksi perusahaan
6.       Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach !!
a.       Producer oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
b.      Consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar