Sabtu, 17 Desember 2011

Permasalahan Ekonomi Eropa


Permasalahan ekonomi eropa

Eropa Terancam Bangkrut
Uni Eropa secara drastis tengah memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi negara-negara pengguna mata uang euro atau zona euro tahun 2012 dari 1,8% menjadi hanya 0,5%. ”Pertumbuhan ekonomi di Eropa macet dan muncul resiko terjadi resesi baru,” demikian dikatakan Komisioner Uni Eropa, Olli Rehn. Pertumbuhan ekonomi yang rendah membuat Eropa semakin sulit untuk keluar dari krisis hutang. Ditambah situasi perekonomian Italia yang semakin tidak menentu. Italia telah menerbitkan surat utang baru senilai 5 miliar euro namun harus membayar bunga 6,087% untuk pembayaran utang dalam satu tahun. Sementara itu, pasar keuangan juga tetap bergejolak dibayangi kekhawatiran terkait pinjaman berbiaya tinggi yang dilakukan Italia.

Biaya Hutang

Italia yang menghadapi krisis kembali menerbitkan surat utang baru dengan suku bunga 6.087% untuk satu tahun. Angka suku bunga ini naik drastis dari 3,57% pada Oktober lalu dan tercatat menjadi yang tertinggi dalam 14 tahun terakhir. Sementara itu, rasio keuntungan pemegang surat utang 10 tahun Italia meningkat di atas 7%, yang merupakan rasio tertinggi sejak zona euro terbentuk. Angkan ini menunjukkan bahwa jika Italia meminjam uang hari ini untuk dikembalikan 10 tahun mendatang maka negeri itu harus membayar bunga lebih dari 7%. Sebuah angka yang dianggap tak masuk akal oleh banyak analis ekonomi. Saat mengumumkan revisi pertumbuhan ekonomi, Komisi Eropa memperkirakan tidak akan ada perubahan kebijakan politik. Hutang Italia tak akan beranjak dari 120,5% dari GDP tahun depan sebelum turun menjadi 118,7% dari GDP pada 2013. Komisi Eropa juga memperkirakan level hutang Yunani akan meningkat menjadi 198,3% dari GDP tahun 2012.

Solusi Radikal

Demi menyelesaikan masalah ekonomi yang beruntun ini maka Bank Sentral Eropa (ECB) dikabarkan telah membeli surat utang Italia untuk menekan suku bunga. ”Meski intervensi ECB terbukti efektif untuk jangka pendek, pertanyaannya sekarang apakah ECB secara kredibel bisa menjaga suku bunga surat utang untuk tidak naik di atas 7%,” demikian dikatakan oleh Sebastian Galy dari Societe General. Keprihatinan muncul jika ECB gagal membantu perekonomian Italia maka berbagai persoalan besar lainnya akan segera menghampiri. Bulan lalu, untuk meringankan krisis utang Yunani para pemimpin zona euro meminta semua bank untuk  meningkatkan modal demi melindungi diri mereka sendiri dari kerugian akibat kemungkinan kebangkrutan Yunani.

Dalam saat yang bersamaan, bank telah menerima 50% kerugian dari uang yang dipinjamkan untuk Yunani. Kekhawatiran yang muncul saat ini adalah jika krisis Italia semakin parah, maka langkah serupa harus dilakukan berbagai bank yang rentan terhadap hutang Italia.

Uni Eropa

Uni Eropa (UE, bahasa Inggris: European Union atau EU) adalah sebuah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang terdiri dari negara-negara Eropa, yang sejak 1 Januari 2007 telah memiliki 27 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya, kembali ke tahun 1950-an.
Organisasi internasional ini bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antarpemerintahan. Di beberapa bidang, keputusan-keputusan ditetapkan melalui musyawarah dan mufakat di antara negara-negara anggota, dan di bidang-bidang lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional menjalankan tanggung jawabnya tanpa perlu persetujuan anggota-anggotanya. Lembaga organ penting di dalam UE adalah Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, Dewan Eropa, Mahkamah Eropa, dan Bank Sentral Eropa. Terdapat pula Parlemen Eropa yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota.

Anggota
Sejak 2007 Uni Eropa memiliki 27 negara anggota, yaitu:
Swedia (sejak 1 Januari 1995)
Finlandia (sejak 1 Januari 1995)
Estonia (sejak 1 Mei 2004)
Latvia (sejak 1 Mei 2004)
Lituania (sejak 1 Mei 2004)
Polandia (sejak 1 Mei 2004)
Denmark (sejak 1973)
Jerman (sejak permulaan)
Belanda (sejak permulaan)
Belgia (sejak permulaan)
Luksemburg (sejak permulaan)
Irlandia (sejak 1973)
Britania Raya (sejak 1973)
Perancis (sejak permulaan)
Portugal (sejak 1986)
Spanyol (sejak 1986)
Italia (sejak permulaan)
Malta (sejak 1 Mei 2004)
Austria (sejak 1 Januari 1995)
Slovenia (sejak 1 Mei 2004)
Republik Ceko (sejak 1 Mei 2004)
Slowakia (sejak 1 Mei 2004)
Hongaria (sejak 1 Mei 2004)
Yunani (sejak 1981)
Siprus selatan (sejak 1 Mei 2004)
Bulgaria (sejak 1 Januari 2007)
Rumania (sejak 1 Januari 2007)

Kroasia kelak akan jadi anggota pula. Status Turki masih belum jelas. Parlemen Eropa berunding di Brusel, Belgia dan (beberapa kali setahun) di Strasbourg (Perancis). Parlemen Eropa dipilih secara langsung oleh penduduknya.

Awal dan sejarah

Percobaan untuk menyatukan negara Eropa telah dimulai sebelum terbentuknya negara-negara modern; mereka telah terjadi beberapa kali dalam sejarah Eropa. Tiga ribu tahun lalu, Eropa didominasi oleh bangsa Celt, dan kemudian ditaklukan dan diperintah Kekaisaran Roma yang berpusat di Mediterania. Awal penyatuan ini diciptakan dengan cara paksa. Kekaisaran Franks dari Charlemagne dan Kekaisaran Suci Roma menyatukan wilayah yang luas di bawah administrasi yang longgar selama beberapa ratus tahun. Belakangan pada 1800-an customs union di bawah Napoleon I Prancis dan penaklukan pada 1940-an oleh Nazi Jerman hanya terjadi sementara saja. Dikarenakan koleksi bahasa Eropa dan budayanya, percobaan penyatuan ini biasanya melibatkan pendudukan dari negara yang tidak bersedia, menciptakan ketidakstabilan. Salah satu percobaan penyatuan secara damai melalui kerjasama dan persamaan anggota dibuat oleh pasifis Victor Hugo pada 1851. Setelah Perang Dunia I dan Perang Dunia II, keinginan untuk mendirikan Uni Eropa semakin meningkat, didorong oleh keinginan untuk membangun kembali Eropa dan menghilangkan kemungkinan perang lainnya. Oleh karena itu dibentuklah European Coal and Steel Community oleh Jerman, Perancis, Italia, dan negara-negara Benelux. Hal ini terjadi oleh Perjanjian Paris (1951), ditandatangani pada April 1951 dan dimulai pada Juli 1952. Setelah itu terbentuk juga European Economic Community didirikan oleh Perjanjian Roma pada 1957 dan diimplementasikan pada 1 Januari 1958. Kemudian komunitas tersebut berubah menjadi Masyarakat Eropa yang merupakan 'pilar pertama' dari Uni Eropa. Uni Eropa telah ber-evolusi dari sebuah badan perdagangan menjadi sebuah kerja sama ekonomi dan politik.



Kebijakan utama
Dari pergantian namanya dari "Masyarakat Ekonomi Eropa" ke "Masyarakat Eropa" hingga ke "Uni Eropa" menandakan bahwa organisasi ini telah berubah dari sebuah kesatuan ekonomi menjadi sebuah kesatuan politik. Kecenderungan ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kebijakan dalam UE. Gambaran peningkatan pemusatan ini diimbangi oleh dua faktor.
Pertama, beberapa negara anggota memiliki beberapa tradisi domestik pemerintahan regional yang kuat. Hal ini menyebabkan peningkatan fokus tentang kebijakan regional dan wilayah Eropa. Sebuah Committee of the Regions didirikan sebagai bagian dari Perjanjian Maastricht.
Kedua, kebijakan UE mencakup sejumlah kerja sama yang berbeda.
Pengambilan keputusan yang otonom: negara-negara anggota telah memberikan kepada Komisi Eropa kekuasaan untuk mengeluarkan keputusan-keputusan di wilayah-wilayah tertentu seperti misalnya undang-undang kompetisi, kontrol Bantuan Negara dan liberalisasi.
Harmonisasi: hukum negara-negara anggota diharmonisasikan melalui proses legislatif UE, yang melibatkan Komisi Eropa, Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa. Akibat dari hal ini hukum Uni Eropa semakin terasa hadir dalam sistem-sistem negara anggota.
Ko-operasi: negara-negara anggota, yang bertemu sebagai Dewan Uni Eropa sepakat untuk bekerja sama dan mengkoordinasikan kebijakan-kebijakan dalam negeri mereka.
Ketegangan antara UE dan kompetensi nasional (atau sub-nasional) bertahan lama dalam perkembangan Uni Eropa. (Lihat pula Antar-pemerintahanisme vs. Supra-nasionasisme (atas), Eroskeptisisme). Semua negara calon anggota harus memberlakukan undang-undang agar selaras dengan kerangka hukum Eropa bersama, yang dikenal sebagai Acquis Communautaire. (Lihat pula Perhimpunan Perdagangan Bebas Eropa (EFTA), Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) and Langit Tunggal Eropa.) Lihat tabel negara yang ikut serta dalam sejumlah inisiatif.
Kebijakan eksternal
Suatu tarif eksternal bersama bea cukai, dan posisi yang sama dalam perundingan-perundingan perdagangan internasional. Pendanaan untuk program-program di negara-negara calon anggota dan negara-negara Eropa Timur lainnya, serta bantuan ke banyak negara berkembang melalui program Phare and Tacis-nya. Pembentukan sebuah pasar tunggal Masyarakat Energi Eropa melalui Perjanjian Komunitas Energi Eropa Tenggara.
Kerjasama dan harmonisasi di wilayah-wilayah lain
Kebebasan bagi warga UE untuk ikut memilih dalam pemilihan pemerintahan setempat dan Parlemen Eropa di negara anggota manapun juga.
Kerjasama dalam masalah-masalah kriminal, termasuk saling berbagi intelijen (melalui EUROPOL dan Sistem Informasi Schengen), perjanjian tentang definisi bersama mengenai kejahatan dan prosedur-prosedur ekstradisi.
Suatu kebijakan luar negeri bersama sebagai sebuah sasaran masa depan, namun demikian hal ini masih lama baru akan terwujud. Pembagian antara negara-negara anggota (dalam surat delapan) dan anggota-anggota yang saat itu belum bergabung (dalam surat Vilnius) pada saat penyerbuan Irak 2003 menyoroti seberapa jauh sasaran ini berada di depan sebelum ia dapat menjadi kenyataan.
Suatu kebijakan keamanan bersama sebagai suatu sasaran, termasuk pembentukan Satuan Reaksi Cepat Eropa dengan 60.000 anggota untuk maksud-maksud memelihara perdamaian, seorang staf militer UE dan sebuah pusat satelit UE (untuk maksud-maksud intelijen).
Kebijakan bersama tentang asilum dan imigrasi.
Pendanaan bersama untuk penelitian dan pengembangan teknologi, melalui Rancangan Program untuk Penelitian dan Pengembangan Teknologi selama empat tahun. Rancangan Program Keenam berlaku dari 2002 hingga 2006.
Anggaran
Keduapuluh tujuh negara anggota Uni Eropa memiliki anggaran yang disepakati sebesar € 120,7 milyar untuk tahun 2007 dan € 864,3 milyar untuk periode 2007-2013. Anggaran tersebut merupakan 1,10% dan 1,05% dari perkiraan PDB negara-negara anggota Uni Eropa untuk periode masing-masing. Sebagai perbandingan, pengeluaran Inggris untuk tahun 2004 diperkirakan akan € 759 milyar, dan Perancis diperkirakan telah menghabiskan € 801 milyar. Pada tahun 1960, anggaran dari Komunitas Ekonomi Eropa adalah sebesar 0,03% dari PDB.
Dalam anggaran 2010 sebesar € 141,5 miliar, item pengeluaran terbesar adalah kohesi & daya saing, yaitu sekitar 45% dari total anggaran, disusul oleh pertanian dengan sekitar 31% dari total anggaran. Pembangunan pedesaan, lingkungan, dan perikanan memakan sekitar 11% anggaran, administrasi sekitar 6%, Uni Eropa sebagai mitra global dan kewarganegaraan, kebebasan, keamanan dan keadilan menjadi juru kunci, dengan hanya sekitar 6% dan 1% dari seluruh anggaran Uni Eropa dipergunakan untung masing-masing ihwal. Lembaga kelima Uni Eropa, Mahkamah Audit Eropa memastikan bahwa anggaran Uni Eropa dipertanggungjawabkan dengan benar. Mahkamah menyediakan laporan audit untuk setiap tahun buku kepada Dewan dan Parlemen. Parlemen menggunakan laporan audit untuk memutuskan antara menyetujui atau menolak penanganan anggaran Komisi. Mahkamah juga memberikan pendapat dan usulan undang-undang keuangan dan tindakan anti-penipuan. Pengadilan Auditor secara hukum berkewajiban memberikan Parlemen Eropa dan Dewan Eropa "pernyataan keyakinan atas keandalan rekening dan legalitas serta keteraturan transaksi yang mendasarinya". Mahkamah belum pernah memberikan persetujuan absolut terhadap rekening UE sejak tahun 1993.
Nama Uni Eropa dalam bahasa-bahasa Eropa
Berikut merupakan nama "Uni Eropa" dalam 23 bahasa resmi yang digunakan di Uni Eropa:
  Evropská unie (Bahasa Ceko)
   Unión Europea (Bahasa Spanyol)
   Europæiske Union (Bahasa Denmark)
    Europäische Union (Bahasa Jerman)
       Euroopa Liit (Bahasa Esti)
   An tAontas Eorpach (Bahasa Irlandia)
   Ευρωπαϊκή Ένωση (Bahasa Yunani)
      European Union (Bahasa Inggris)
      Union Européenne (Bahasa Perancis)
      Európai Unió (Bahasa Hongaria)
     Unione Europea (Bahasa Italia)
      Eiropas Savienība (Bahasa Latvi) 
      Europos Sąjunga (Bahasa Lituavi) 
       L-Unjoni Ewropea (Bahasa Malta)
   Europese Unie (Bahasa Belanda)
   Unia Europejska (Bahasa Polski)
   União Europeia (Bahasa Portugis)
   Euroopan unioni (Bahasa Finlandia)
   Evropska unija (Bahasa Slovenia)
   Európska únia (Bahasa Slowakia)
   Europeiska Unionen (Bahasa Swedia)
   Uniunea Europeană (Bahasa Romania)
   Европейски съюз (Bahasa Bulgaria)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar